Kuliah Lapangan Sebagai Dasar Pemetaan Geologi

Kuliah Lapangan Sebagai Dasar Pemetaan Geologi

Yogyakarta, 21 Februari 2023 – Fakultas Teknik Mineral (FTM) di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta menggelar kuliah lapangan sebagai langkah awal dalam pemetaan geologi. Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., Dekan FTM IST AKPRIND, memimpin kuliah lapangan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang praktik pemetaan geologi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 21 Februari 2023, dimulai pukul 07.00 WIB di kampus AKPRIND, sebelum tim berangkat menuju daerah Kulonprogo untuk ekskursi lapangan. Pemilihan Kulonprogo sebagai lokasi ekskursi tidak hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga karena potensi geologi yang melimpah di daerah tersebut.

Dalam kuliah lapangan ini, Dr. Sri Mulyaningsih membagikan pengetahuannya tentang teknik pemetaan geologi yang efektif. Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar secara langsung di lapangan, menerapkan teori yang telah dipelajari di dalam kelas.

Dekan FTM IST AKPRIND menjelaskan, “Kuliah lapangan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga menjadi landasan bagi pemahaman yang lebih baik tentang geologi. Kami percaya bahwa belajar di lapangan memberikan perspektif yang berbeda dan memperdalam pengetahuan mahasiswa.”

Ekskursi di Kulonprogo ini dijadwalkan berlangsung sepanjang hari, memberikan waktu yang cukup bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pemahaman mereka dalam pemetaan geologi di lapangan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membangun kerjasama tim antar mahasiswa dan meningkatkan keterampilan praktis mereka.

Pengalaman belajar di luar ruang kelas seperti ini menjadi salah satu keunggulan pendidikan di AKPRIND Yogyakarta. Dengan dukungan penuh dari dosen dan staf akademis yang berkompeten, mahasiswa di FTM IST AKPRIND memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka secara holistik.

Kuliah lapangan yang diadakan ini mencerminkan komitmen AKPRIND Yogyakarta untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan industri. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan akademis dan profesionalisme mahasiswa Fakultas Teknik Mineral.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *