Ekskursi Geologi Regional Kulonprogo, Tinjauan Lapangan Teknik Geologi Mata Kuliah GL II

Ekskursi Geologi Regional Kulonprogo, Tinjauan Lapangan Teknik Geologi Mata Kuliah GL II

Pada tanggal 30 Desember 2023, mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2021 dari IST AKPRIND berkesempatan untuk mengikuti eksursi geologi di wilayah Kulonprogo. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Geologi Lapangan 2 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis tentang aspek-aspek geologi di lapangan.

Lokasi Eksursi

Kulonprogo, yang terletak di bagian barat Provinsi DIY Yogyakarta, merupakan daerah yang kaya akan keanekaragaman geologi. Eksursi ini mengunjungi beberapa lokasi kunci yang mencakup formasi batuan, struktur geologi, serta fenomena geologi yang terjadi di wilayah tersebut.

Pembimbing Eksursi

Kegiatan ini juga didukung oleh kehadiran Bapak dan Ibu Dosen IST AKPRIND Teknik Geologi, yang telah memberikan arahan dan pemahaman mendalam kepada mahasiswa selama perjalanan. Kombinasi antara teori dan praktek di lapangan menjadi kunci utama kesuksesan eksursi ini.

Pentingnya Eksursi Geologi

Eksursi geologi menjadi salah satu komponen penting dalam pendidikan geologi. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang telah diperoleh di kelas ke dalam situasi nyata di lapangan. Hal ini membantu mereka untuk memahami lebih dalam tentang proses-proses geologi, interpretasi formasi batuan, serta dinamika geologi yang terjadi di suatu wilayah.

Hasil dan Temuan

Selama eksursi, mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan pengamatan langsung terhadap struktur geologi seperti lipatan, patahan, dan intrusi batuan. Mereka juga mempelajari tentang sejarah geologi regional Kulonprogo, evolusi lanskap, serta potensi sumber daya alam yang ada di daerah tersebut.

Kesimpulan

Eksursi Geologi Regional Kulonprogo merupakan salah satu upaya IST AKPRIND Teknik Geologi dalam meningkatkan pemahaman praktis mahasiswa terhadap geologi. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan analisis, observasi, dan interpretasi geologi yang akan sangat berguna dalam karier profesional mereka di masa depan.

Dengan demikian, eksursi ini tidak hanya sebagai kegiatan akademik semata, tetapi juga sebagai investasi dalam pembentukan generasi geolog muda yang kompeten dan berkualitas. Selamat kepada mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2021 atas keberhasilan pelaksanaan eksursi ini, semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat memberikan nilai tambah dalam perjalanan akademik dan profesional mereka.(Adm2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *